DLHK & Damkar Kolaborasi Atasi Pohon Tumbang

Berita31 Dilihat

DEPOK PRABU NEWS.COM Pemerintah Kota Depok sigap dalam penanganan bencana angin kencang yang terjadi pada, Rabu (17/04/24) sore.

Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri mengatakan, pihaknya langsung meminta Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok untuk memberikan bantuan berupa perbaikan rumah yang rusak salah satunya di Cilodong.

“Kami Pemerintah Kota Depok melalui Dinsos memberikan perhatian untuk keluarga korban serta upaya perbaikan atap rumah yang roboh,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman mengatakan, pihaknya telah mengerahkan petugas untuk mengevakuasi pohon tumbang sejak Rabu malam.

“Ada 11 lokasi pohon tumbang yang tersebar di beberapa wilayah Kota Depok. Alhamdulillah sudah kami tangani. Kami juga berkoordinasi dengan Damkar terkait peralatan,” jelasnya.

Di lokasi lain, Sekretaris Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kukusan, Abdul Latief Purwanegara mengatakan, beberapa orang terlibat dalam penanganan bencana seperti Camat Beji, Lurah Kukusan, dan staf, mantan Lurah Kukusan, LPM dan Babinsa. Kemudian, ada juga Babinkamtibmas, Karang Taruna Kelurahan, Ketua RW 07 serta warga sekitar kelurahan.

“Pohon tumbang menimpa satu unit mobil dan dua unit sepeda motor. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian mencapai puluhan uta rupiah,” ujarnya.

Dikatakannya, pohon tumbang berjenis akasia. Butuh waktu kurang lebih satu jam untuk mengevakuasi pohon tumbang. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan alat seadanya seperti gergaji dan golok.

Sementara itu petugas Damkar Kota Depok melakukan pembersihan di Perumahan Mutiara Kecamatan Sukmjaya akibat dampak dari jebolnya turap Kali Cikumpa.

Salah satu warga, Tisno mengatakan turap itu jebol pada Rabu (17/4), pukul 20.00 WIB. Dia mengatakan banjir terus terjadi hingga tengah malam.

“Jebolnya jam 8 malam, setelah hujan surut. Belum surut sampai jam 12 tadi malam,” katanya.

Tisno mengatakan peristiwa ini sudah ketiga kalinya terjadi. Dia berharap ada normalisasi kali agar turap jebol tak berulang.

“Dulu kan yang kanan, sekarang yang sebelah kiri ini jebol. Ya mungkin karena air nyari lubang-lubang, ya alam. Sudah tiga kali jebol. Harapannya segera dinormalisasi,” harapnya.

Petuga PMI Kota Depok juga memberikan bantuan kepada warga di RW 20 Kampung Gedong Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, yang rumahnya roboh.

kang prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *