MTQ XXIII Tingkat Kota Depok Resmi Dimulai

Berita100 Dilihat

DEPOK PRABU NEWS.COM Pemerintah Kota Depok hari ini, Selasa (24/10/23) resmi memulai kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIII tingkat kota di wilayah Kecamatan Cilodong.

Ketua MTQ XXIII tingkat Kota Depok, Raden Gandara Budiana mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa kali penyaringan terhadap peserta MTQ tahun ini.

“Kami bekerjasama dengan dewan hakim yang berasal dari Kemanag, mulai dari pendaftaran sudah diverifikasi, termasuk qori itu dari mana dan harus KTP Depok. Sampai saat ini kami minta tidak ada qori cabutan,” ujar Gandara kepada depok,prabunews.com , Senin (23/10/23).

Gandara yang juga menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Depok menambahkan, MTQ tahun ini pihaknya membuka delapan cabang perlombaan.

Terkait persiapan, Gandara memastikan semua persiapan berjalan lancar dan pada hari H nya telah mencapai 100 persen.

“Kami terus melakukan monitoring dan evaluasi ke beberapa titik termasuk kolaborasi dengan kecamatan,” paparnya.

Pihaknya juga telah melakukan monitoring ke 9 mimbar atau panggung yang akan digunakan dalam MTQ tahun ini.

“Mimbar utama berada di alun alun, untuk mimbar lainnya kami siapkan juga di sekeitar alun alun yang masih masuk Kelurahan Jatimulya,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk pawai ta’aruf pihaknya mempredikasi ada sekitar 500 kafilah yang ikut serta dari 11 kecamatan.

“Kemungkinan minimal 500-600 peserta, namun kami tidak batasi berapa jumlahnya. Kami rasa alun alun mampu menampung para kafilah dari 11 kecamatan,” jelasnya.

Sementara itu Camat Sawangan, Anwar Nasihin mengungkapkan, pihaknya akan menurunkan sekitar 100 orang dalam kegiatan pawai ta’aruf.

“Untuk pawai ta’aruf kami melibatkan forkopimcam, MUI, LPTQ, lurah, LPM dan organisai kemasyarakatan, karang taruna, KNPI dan lainnya,” ungkapnya.

Anwar mengatakan, pihaknya akan menurunkan mobil hias berbentuk masjid sebagai simbol Kecamatan Sawangan sebagai kecamatan yang religius.

“Di Sawangan ini banyak sekali masjid dan masjidnya juga bagus-bagus, makmur serta jamaahnya banyak. Konsepnya masjid ramah keluarga dan rahmatan lil alamin,” terangnya.

Untuk target, Anwar mengatakan tidak muluk-muluk yakni masuk tiga besar.

“Kami mengirimkan 52 peserta yang sudah melalui tahapan seleksi. Semoga bisa masuk tiga besar,” harapnya.

Rencananya, MTQ XXIII tingkat kota akan dibuka langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Padepokan Alun Alun Kota Depok.

kang prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *