Tari Topeng Cisalak Termasuk Salah Satu WBTB Kearifan Lokal

Berita178 Dilihat

Depok,prabunews.com Provinsi Jawa Barat telah menerima penghargaan atas kepemilikan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) sebanyak 19. Jumlah itu merupakan yang terbanyak di Indonesia.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, satu diantara WBTB itu merupakan kearifan lokal yang berasal dari Kota Depok  yakni Tari Topeng Cisalak.

“Saya bangga menjadi Gubernur Jawa Barat, setelah keliling 27 kota/kabutpaten, memang ekspresi budaya sangat banyak, sangking banyaknya, saya menerima warisan budaya tak benda terbanyak se Indonesia sebanyak 19,” ungkapnya dalam Pekan Kebudayaan Daerah Jawa Barat 2022 di Alun-Alun Kota Depok, Kamis (15/12).

Jika ditotal, kata Ridwan Kamil, sebanyak 81 ekspresi budaya di Jawa Barat telah diakui pemerintah pusat. Angka tersebut, belum termasuk ekspresi budaya yang dicatatkan pihaknya.

“Seluruhnya ada 105 ekspresi budaya di Jawa Barat,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia meminta, Pemkot Depok dan masyarakat dapat menjaga kearifan lokal seperti ekspresi budaya. Sehingga, terjaga kelestariannya.

“Saya titip Depok untuk mendukung ekspresi budaya, karena itu yang membedakan kita dengan yang lain. Seperti budaya musik, visual dan tari,” terang Ridwan Kamil.

(kang prabu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *