Walikota Depok Tepati Janji Kampanyenya,RSUD Wilayah Timur Rampung Di Bangun

Berita129 Dilihat

Tapos,depokprabunews.com Wali Kota Depok, Mohammad Idris kembali menepati janji kampanyenya yakni membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Sehat Afiat Kota Depok di Jalan Raya Tapos, Kelurahan Cimpaeun, Kecamatn Tapos. Kemarin, RSUD wilayah Timur itu resmi beroperasi.

Idris mengatakan, masyarakat sudah bisa mendapatkan pelayanan dasar sesuai ketentuan kelas RS tipe C di RSUD ASA yaitu layanan penyakit dalam, anak, bedah umum, kebidanan dan kandungan.

“Ini merupakan realisasi janji kampanye Wali-Wakil Wali Kota Depok tahun 2016-2021, dengan taglinenya Menata Asa dengan Cinta yang sebenarnya terinspirasi dari sebuah lagu yang sering dibawakan oleh Bunda Elly Farida (Ketua TP-PKK Kota Depok), tentang cara merawat cinta hingga tutup usia,” ujarnya, kemarin.

Sejumlah peralatan penunjang pelayanan kesehatan juga sudah tersedia, seperti ruang operasi, Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang bersalin, poliklinik dan ruang farmasi.

“RSUD ASA berdiri di lahan 9.811 meter persegi, dengan bangunan terdiri dari enam lantai dengan total 22.380 ribu meter persegi, lalu tersedia 100 tempat tidur (TT) sesuai dengan RS tipe C dan IGD yang siap melayani 24 jam,” paparnya.

Dikatakan Idris, penyediaan RSUD di bagian Timur Kota Depok ini tentunya sesuai dengan amanah Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang masalah pengelolaan upaya kesehatan perorangan dan rujukan, juga UU Nomor 44 Tahun 2009 tentang tanggung jawab pemerintah daerah yaitu bertanggung jawab menyediakan rumah sakit sesuai kebutuhan masyarakat.

Kota Depok juga sudah mempunyai Perda Sistem Kesehatan Daerah (SKD) Nomor 17 Tahun 2017.

“Perda ini mengatur tentang upaya kesehatan perorangan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan mencegah dan menyembuhkan penyakit pengurangan penderitaan akibat penyakit serta memulihkan kesehatan,” ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, Kota Depok mempunyai 25 rumah sakit rujukan, salah satunya RSUD di Sawangan bernama RSUD Khidmat Sehat Afiat, juga ada 22 RS swasta yang berpartisipasi, berkontribusi dan berkiprah melayanai warga Depok.

Meski demikian, tambah Idris, upaya pencegahan lebih baik daripada pengobatan dan itu menjadi prinsip dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Makanya kami terus membangun budaya di masyarakat terkait PHBS-nya, Kawasan Tanpa Rokok (KTR)-nya, kami juga sudah melakukan deklarasi Kota ODF, kemarin mendapatkat penghargaan sertifikat dari Pak Gubernur, tinggal membenahi agar dapat Kota Sehat di tahun 2023,” katanya.

Sementara itu tokoh masyarakat setempat, Hasan Basri menyambut baik dioperasikannya RSUD ASA di Tapos. (kang prabu)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *