Dewan Pendidikan Kota Depok Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Berita72 Dilihat

DEPOK PRABU NEWS.COM Dewan Pendidikan Kota Depok menggelar workshop untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kompetensi para guru PAUD dan TK se-Kota Depok dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

“Kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman kepada guru PAUD dan TK sekaligus sebagai orang tua bagaimana cara mendampingi anak usia dini,” ujar Ketua Dewan Pendidikan Kota Depok, H. Dedy Martoni, kemarin.

Ia menambahkan, untuk para pengurus Komite Sekolah SD dan SMP se-Kota Depok, juga dibekali sesuai dengan tupoksinya sebagai Komite Sekolah, yakni pemberdayaan para stakeholder seperti orang tua atau wali murid, pihak sekolah dan masyarakat serta pemerintah.

Dikatakannya, workshop yang digelar selama sehari penuh itu diikuti 500 peserta yang berasal dari guru PAUD dan TK serta komite sekolah SD dan SMP se Kota Depok.

“Kami mengetahui bahwa pendidikan anak usia dini harus dilakukan bersama-sama dan selaras serta sejalan antara pola asuh orang tua di rumah dengan guru PAUD atau TK di sekolah,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kurikulum Merdeka maupun pola pendampingan sama yang dilakukan orang tua dan guru diantaranya sama-sama berangkat dari potensi yang dimiliki anak.

“Setiap anak membawa segala pengetahuan yang telah dimilikinya,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pengalaman belajar hendaknya mengandung sebagian unsur yang sudah dikenal oleh anak dan sebagian lainnya merupakan pengalaman baru.

Dikatakannya, belajar harus menantang pemahaman anak aktivitas pembelajaran yang dirancang harus menantang anak untuk mengembangkan pemahaman sesuai dengan apa yang dialaminya.

“Belajar dilakukan sambil bermain, belajar melalui bermain dapat memberi kesempatan anak untuk bereksplorasi, menemukan, mengekspresikan perasaan, berkreasi dan belajar secara menyenangkan,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, belajar juga dapat menggunakan alam sebagai sarana. Pembelajaran alam merupakan sarana belajar yang tak terbatas bagi anak untuk bereksplorasi dan berinteraksi dalam
membangun pengetahuannya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten dibidangnya seperti Dr. Nita Priyanti, Direktur Sekolah Tinggi Pancasakti Bekasi dan Dr. Sukro Muhab, Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kota Depok sekaligus Dosen FMIPA Jurusan Kimia UNJ.

Acara yang dibagi beberapa sesi itu dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

kang prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *