Depok Di Tunjuk Sebagai Tuan Rumah Road Show Uji Kompetensi Wartawan

Berita120 Dilihat

Depok,prabunews.com Kota Depok ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Program Road Show Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) se-Provinsi Jawa Barat (Jabar). Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu 15-16 Maret 2023 di Zam-zam Tower, Margonda, Depok.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Manto mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendukung pelatihan dan UKW yang dilaksanakan dengan menggandeng PWI Jabar. Menurutnya, hal ini bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas diri. Terutama dalam menyampaikan pemberitaan ke masyarakat.

“Pada dasarnya Pemkot Depok mendukung kegiatan untuk peningkatan kualitas wartawan. Saya yakin dan percaya semua yang mengikuti UKW, baik tingkat muda, madya, maupun Wartawan Utama ini akan lulus. Ini adalah rekonstruksi dari kegiatan sehari-hari wartawan,” ujarnya disela kegiatan UKW di di Zam-zam Tower, Margonda, Depok, Rabu (15/03/23).

Pihaknya juga mengapresiasi kegiatan Roadshow yang menargetkan 1.000 wartawan se-Jabar lulus. Dirinya berharap semakin banyak wartawan yang memiliki sertifikat UKW, khususnya di Kota Depok.

“Melalui uji kompetensi wartawan ini diharapkan teman-teman wartawan lebih profesional dalam menghasilkan produk jurnalistik yang kompeten, berimbang, responsif gender, dan ramah anak. Serta terjalin hubungan yang baik antara wartawan dan Pemkot Depok,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat mengatakan, UKW merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas wartawan. Pasalnya Jabar memiliki penduduk yang banyak atau berpopulasi padat dengan pertumbuhan media massa yang juga ikut meningkat.

“Media banyak, kalau wartawan atau konten kreatornya tidak terkualifikasi baik bagaimana dengan beritanya. Kami ingin jurnalis memenuhi masuk kaidah jurnalistik di Indonesia,” ucapnya seperti dilansir berita.depok.go.id.

Dikatakannya, UKW saat ini merupakan angkatan 57-58 dan sudah hampir 300 wartawan di Jabar yang tersertifikasi UKW. Program ini juga merupakan amanat dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang ingin meningkatkan profesionalisme wartawan.

“UKW ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kapasitas seorang pewarta dalam menjalankan tugasnya dalam mencari dan menyampaikan berita yang berkualitas sesuai dengan UU Pers dan kode etik jurnalistik. Kami akan terus melakukan roadshow ke beberapa wilayah sampai tercetak 1.000 wartawan tersertifikasi,” tutupnya.

kang prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *