PLN Langsung Lakukan Pemulihan Pasca Kebakaran Depo Plumpang

Berita192 Dilihat

Depok,prabunews.com Pasca terjadinya kebakaran di Depo Plumpang, Jakarta Utara, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) bergerak cepat dalam melakukan pemulihan pada sistem kelistrikan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Plumpang-Pegangsaan.

Diketahui bahwa laporan kebakaran pertama kali di terima oleh Command Center Badan Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan pada pukul 20.11 WIB. Kebakaran tersebut berdampak pada beberapa material SUTT, sehingga menimbulkan gangguan pada sistem transmisi.

Sesaat setelah api mulai padam dan petugas pemadam kebakaran telah melakukan pendinginan, petugas PLN segera melakukan pengecekan dengan memanjat tower guna memastikan kondisi fisik peralatan. Upaya pembersihan dilakukan tepat pasca insiden kebakaran.

“Para petugas lapangan dengan cepat melakukan inspeksi kepada tower SUTT yang berada pada lokasi kebakaran. Kami cek keseluruhan kondisi tower, konduktor, serta isolator. Petugas kami memanjat hingga ujung tower kemudian melakukan pengamatan visual dan pembersihan selama 3 jam untuk memastikan agar infrastruktur PLN aman,” ujar Erwin Ansori, General Manager PLN UIT JBB, kemarin.

Pada hasil inspeksi yang dilakukan, kata dia, terdapat gangguan penghantar yang tidak berdampak langsung kepada pelanggan. Sesuai data rekaman gangguan (fault recorder) milik PLN, hal tersebut dikarenakan pada sisi isolator ditemukan jelaga minyak akibat dari kebakaran tersebut.

“Dua penghantar kami memang mengalami gangguan. Untuk penormalan lebih cepat, kami mengerahkan tak kurang dari 50 personel untuk melakukan pembersihan dan pemulihan,” pungkasnya.

kang prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *