Kini Cuci Darah Hingga CT Scan Bisa Langsung ke RSUD KiSA

Berita116 Dilihat

Depok,prabunews.com Rumah Sakit Umum Daerah Khidmat Sehat Afiat (RSUD-KiSA) yang berada di Jalan Raya Muchtar Sawangan, kini membuka tujuh layanan medis terbaru.

Ketujuh layanan baru itu diantaranya ESWL (penghancuran batu ginjal tanpa operasi), Rehabilitasi Medik, Hemodialisis, Klinik Perawatan Luka dan Stoma, CT Scan 128 Slices, Mammografi dan Labolatorium Patologi Anatomi.

“Beberapa sudah mulai operasi, untuk CT Scan minggu ini mudah-mudahan sudah keluar izinnya, sebenarnya sudah ready karena sudah diuji fungsi dan kelayakan. Hanya masih dalam proses perizinan,” ujar Devi Maryori, Direktur RSUD KiSA kepada depokprabunews., kemarin.

Ia mengungkapkan, terkait pelayanan ESWL sudah mulai dilaksanakan sejak pertengahan Oktober 2022 dengan dokter spesialis Urologi yang memiliki kompetensi dalam bidangnya dan hingga Februari 2023 sudah dilakukan pada 39 pasien ESWL yang kami layani.

Pelayanan Rehabilitasi Medik telah mulai melayani pasien sejak 5 Desember 2022 langsung disambut baik dengan peningkatan jumlah pasien yang signifikan dengan melayani pasien hingga 60-70 pasien dalam sehari.

“Pelayanan ini bertujuan untuk mendukung proses pemulihan dan melatih kemampuan tubuh pasien agar bisa kembali bergerak dan beraktivitas seperti sedia kala akibat penyakit tertentu,” paparnya.

Tak hanya itu, banyaknya kasus gagal ginjal yang ditemui di poli maupun rawat inap yang selama ini harus dirujuk ke RS lain, membuat pihaknya melakukan inovasi untuk membuka layanan kesehatan tersebut.

Bulan Juli tahun 2022 pengurusan perijinanan dialisis dilanjutkan ke pernefri pusat dan akhirnya keluar perizinan penyelenggaraan pelayanan dialisis tanggal 6 Februari 2023. Alhamdulillah, walaupun terkendala waktu pengembangan layanan semasa pandemi Covid selama dua tahun, namun semua rencana dan cita-cita yang tertunda kini sudah satu persatu diwujudkan,” katanya

Selain itu, RSUD KiSA juga membuka Klinik Perawatan Luka Dan Stoma yang merupakan pelayanan terintegrasi dan komprehensif sebagai lanjutan perawatan pasien yang memiliki luka-luka kronis yang lama sembuh dan pasca pemasangan stoma pada operasi pembedahan usus.

Layanan terbaru lainnya yakni pemeriksaan penunjang CT Scan 128 Slices yang akan mendukung layanan stroke, jantung, uronefrologi dan lain-lain akan mempu meningkatkan mutu layanan dalam hal ketepatan diagnosis dan tindakan pasien.

“Selain itu Mammografi sangat bermanfaat dalam rangka mendeteksi adanya kelainan keganasan atau kanker pada payudara yang kasusnya saat ini merupakan salah satu penyebab kematian kanker pada wanita yang cukup tinggi di Indonesia,” ungkapnya.
Penambahan layanan medis yang terbilang baru juga hadir Patologi Anatomi, saat ini dinilai sangat mendukung penegakkan diagnosis dan tindakan bagi pasien-pasien kasus bedah.

“Selama ini kami mengadakan kerjasama dengan RS lain dalam hal pemeriksaan CT Scan dan Mamografi dan pemeriksaan Patologi Anatomi dengan lab swasta,” jelasnya.

Dengan adanya pengembangan layanan itu, ia meyakini dapat mengurangi frekuensi rujukan dan pasien tidak perlu lagi jauh-jauh bilamana membutuhkan layanan tersebut dan tentunya cost nya dapat ditekan.

“Secara khusus pelayanan baru yang ada di RSUD KiSA Depok akan menjadi harapan baru untuk peningkatan mutu layanan yang diberikan kepada pasien yang berobat dan sangat berdampak pada keselamatan pasien,” pungkasnya

kang prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *