Sebanyak 2.500 Warga Depok Ikut Pawai Ta’aruf MTQ XXIII Cilodong

Berita131 Dilihat

DEPOK PRABU NEWS.COM Sekitar 2.500 warga di Kota Depok mengikuti pawai taaruf di kegiatan pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIII tingkat Kota Depok tahun 2023. Pembukaan MTQ dipusatkan di kawasan Grand Depok City, alun-alun Kecamatan Cilodong.

Pawai Taaruf dimulai dari depan Gedung Pramuka, GDC dan finish di Alun Alun Depok yang dilepas oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Kepala Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Depok, R. Gandara Budiana kepada wartawan mengatakan, total ada 2.500 peserta yang ikut dalam pawai taaruf.

“Tiap kecamatan juga menghadirkan mobil yang dihias menjadi berbagai macam bentuk. Ada yang yang membuat replika masjid hingga replika Al-Quran raksasa. Tiap-tiap kelurahan menampilkan yang terbaik,” ujarnya, Selasa (24/10/23).

Dikatakannya, pawai ta’aruf dimeriahkan dengan berbagai macam tema dari masing-masing kecamatan dengan menyuguhkan kesenian dan budaya. Seperti Pencak Silat, Palang Pintu, Rampak Bedug, marawis, hadroh maupun marching band.

“Drumband dari Yonif Para Raider 328 Kostrad juga turut memeriahkan acara pawai ta’aruf kali ini,” katanya.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, peserta dari tiap-tiap kecamatan sangat antusias dan meriah mengikuti kegiatan ini.

Berbagai element yang ada di kelurahan dan kecamatan ikut meramaikan pawai mulai dari organisasi kepemudaan seperti karang taruna hingga guru-guru dan komunitas yang ada di wilayah.

“Saya bangga banget bahwa mereka ikut meramaikan Pawai Ta’aruf MTQ ke-XXIII ini,” katanya

Lebih lanjut ia mengatakan, tahun ini MTQ XXIII berlangsung di Kecamatan Cilodong. Pelaksanaannya selama tiga hari, 24 hingga 26 Oktober mendatang.

“Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kekuatan dan kesehatan serta keberkahan bagi kita semua dalam menjalankan acara ini. Semoga para peserta yang bertanding selalu dalam keadaan sehat dan menjunjung tinggi sportivitas sehingga mendapatkan pemenang yang bisa mewakili Kota Depok di tingkat Jawa Barat dan Nasional,” harapnya.

Ia menambahkan, Al-Qur’an merupakan mukjizat dari Allah SWT kepada Rasulullah.

“Kita sebagai umatnya harus bisa membaca dan mengamalkannya,”katanya.

Sementara itu Camat Pancoran Mas, Zikri Dwi Darmawan menjelaskan, pihaknya mengirim 54 kafilah untuk mengikuti lomba MTQ tingkat Kota Depok. Para peserta merupakan warga Panmas yang berasal dari enam kelurahan.

“Iya Panmas menyukseskan MTQ Kota Depok tahun 2023 dengan mengisi semua nomor yang dimusabaqahkan dengan peserta 54 orang,” ungkapnya.

Zikri menuturkan, Kecamatan Panmas mengikuti delapan cabang lomba yaitu Cabang Tilawah atau MTQ, Qiraat, MHQ, Tafsir, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khat Qur’an dan Karya Tulis Ilmiah Al Quran (KTIQ).

Pihaknya sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti MTQ tahun 2023 dengan sangat baik.

“Lomba ini diniatkan sebagai cara untuk memuliakan Al Quran. Terkait target LPTQ Panmas kami akan naik panggung. Namun demikian, secara resmi targetnya sederhana yaitu berkah,” pungkasnya.

kang prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *