Dari 2.200 Pendaftar Yang Masuk Seleksi 450 Musabagh Hifzil Qur’an

Berita190 Dilihat

Depok,prabunews.com Sebanyak 450 santri dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti Musabaqh Hifzil Qur’an dan Hadist (MHQ) di Pondok Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School, Pengasinan, Sawangan.

“Alhamdulillah MHQH yang ke dua ini kami menerima pendaftar 2.200 pendaftar dan yang masuk seleksi kami sebanyak 450 orang. Seleksi cukup lama melalui online dan mengirimkan video. Ini tingkat nasional yang pertama di Kota Depok dan pesertanya dari seluruh Indonesia,” ujar KH Ali Saman Hasan, Pengasuh Pondok Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School, Senin (20/03/23).

Ia menambahkan, MHQH digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H dan Muktamar Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam Indonesia (PULDAPII) tanggal 2-4 Mei 2023 di Sukabumi, Jawa Barat.

Ali mengatakan, tujuan dari MHQH ini adalah untuk menyiapkan penghafal Qur’an dan imam masjid.

“Karena momennya tarhib Ramadhan, mudah-mudahan setelah ada musabaqah ini mereka bisa memberikan kontribusi menjadi imam masjid di wilayah mereka masing-masing di Indonesia. Hari ini Depok-Bogor telah menebar kebaikan Al Qur’an di seluruh nusantara,” paparnya.

Ia juga berharap, dengan digelarnya MHQH Tingkat Nasional akan muncul para penghafal Al Qur’an.

“Karena penghafal Al Qur’an ini memiliki keistimewaan tersendiri. Kami berharap tahun depan pesertanya akan lebih banyak lagi dan go internasional. Pertama kami adakan tingkat lokal, nasional ke depan Insya Allah bisa tingkat internasional. Mudah-mudahan Kota Depok ini menjadi tuan rumah MHQH tingkat internasional. Kami juga berharap support penuh dari Pemerintah Kota Depok untuk kegiatan ini,” harapnya.

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, KH Dimyati Badruzaman berdoa agar acara berjalan lancar dan sukses.

“Karena ini akan menjadi kebanggaan kami di Kota Depok dan tingkat nasional. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar, sukses dan mendapat ridho Allah SWT,” ungkapnya.

Acara yang dapat disaksikan secara virtual itu, juga dihadiri oleh perwakilan Kedutaan Besar Arab Saudi, Kemenag, Disdik, Camat Sawangan, Danramil Sawangan, Kapolsek Bojongsari dan tokoh masyarakat setempat.

kang prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *