Menparekraf Gali Potensi Wisata Situ 7 Muara,Berdayakan UMKM Depok

Berita167 Dilihat

Depok,prabu news.com Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno akhir pekan kemarin menyambangi Situ 7 Muara yang berada di wilayah Bojongsari.

Dalam kesempatan itu, Sandi sempat berkeliling menyapa pelaku UMKM dan memborong barang dagangannya serta menebar benih lele di kolam bioflok area Situ 7 Muara.

“Kami melihat dari beberapa pengalaman kami di 24 titik penanaman lele dalam program wirausaha praktis dalam Program Julela (Juragan Lele dan Lalap,red) bisa memberdayakan anak-anak muda di sekitar destinasi wisata seperti ini,” ujar Sandi.

Ia berharap, dengan adanya destinasi wisata seperti Situ 7 Muara akan meningkatkan ekonomi masyarakat, membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

“Karena targetnya 2024 adalah 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas. Mudah-mudahan kegiatan di Situ 7 Muara ini membawa berkah, ekonomi semakin meningkat,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus melakukan program kolaboratif terlebih pasca pandemi Covid 19.

“Kami meyakini pemerintah tidak bisa bergerak sendiri, makanya ada beberapa komunitas masyarakat yang bergabung dan selama ini hasilnya langsung dirasakan. Jadi, ini program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu. Karena 2,5 bulan 300 Kg lele bisa dipanen, ini bisa langsung dirasakan masyarakat terutama penghasilannya,” katanya.

Anggota DPR RI, Mahfudz Abdurrahman yang dalam kesempatan itu turut mendampingi Sandiaga Uno mengapresiasi kehadirannya di Situ 7 Muara Bojongsari.

“Di 2013 lalu kami telah mengadvokasi Situ 7 Muara ini dengan anggaran Rp 19 miliar. Mudah-mudahan dengan kehadiaran Pak Sandi akan menambah rombongan jajan-jajan beli-beli (Rojali) sehingga masyarakat di sini semakin berdaya,” tandasnya.

Ia menambahkan, ke depan pihak provinsi juga harus ikut turun tangan dalam menggelontorkan anggaran untuk merevitalisasi Situ 7 Muara.

“Di Komisi V juga masih bisa diusulkan, terlebih usulan terkait pariwisata akan kami kawal,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah meninjau langsung kondisi Situ 7 Muara.

“Kami berharap UMKM Depok bisa maksimal di tengah bonus demografi sebesar 2 juta 85 ribu di Kota Depok. Mohon dukungannya dari Pak Menteri, mudah-mudahan ini bisa menjadi kampung wisata,” terangnya.

Selain kepada kementerian, Supian juga meminta dukungan dari provinsi untuk menggelontorkan dana revitalisasi situ.

“Cita-cita pemerintah pusat, provinsi dan kota hanya satu yakni membahagiakan warganya. Insya Allah di tahun ini juga akan dibangun jembatan gantung yang melintang di atas situ dan menghubungkan wilayah Sawangan-Bojongsari,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan itu Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Kepala OPD, Camat Sawangan-Bojongsari, lurah serta Karang Taruna.

kang prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *