Pemkot Depok Siapkan Lahan untuk Madrasah Negeri

Berita140 Dilihat

Depok,prabunews.com Pemerintah Kota Depok telah menyiapkan dua lokasi untuk dibangun Madrasah Ibtidaiyah Negeri.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan itu saat membuka kegiatan Forum Rencana Kerja Dinas Pendidikan Kota Depok Tahun 2024 dengan tema ‘Memantapkan Kolaborasi Dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital Guna Menyukseskan Merdeka Belajar’.

“Insya Allah kami sudah siapkan dua sekolah satu di SDN Mekar Jaya 4, untuk Madrasah Ibtidaiyah Negeri ada dua lahan kosong di Pancoran Mas. Mudah-mudahan Departemen Agama bisa memberikan hibah, gedung bangunan dan lahan, agar bisa di jadikan Ibtidaiyah Negeri. Ini salah satu janji kampanye kami adalah mendirikan Sekolah Negeri dan Madrasah Negeri,” ujarnya, Senin (20/02/23).

Dalam kesempatan itu ia juga berharap warga Depok tidak hanya mendapatkan beasiswa 100 orang untuk 20 perguruan tinggi.

“Jadi kalau satu orang biayanya Rp 15 juta, baru Rp 1,5 miliar. Kalau bisa mendapat beasiswa itu untuk 1.000 orang atau sebesar Rp 15 miliar. Syaratnya, jangan hanya warga miskin, karena susah mencarinya warga miskin yang mau kuliah, jadi syaratnya warga Depok, miskin dan berprestasi, supaya gampang mencarinya,” paparnya.

Dia mengatakan banyak warga yang ekonominya menengah kebawah, anaknya ingin kuliah tapi terkendala dengan biaya, bahkan ada yang sudah kuliah berhenti karena orang tuanya di PHK pada saat covid kemarin.

“Kami sampaikan APBD Depok sudah 20 persen untuk pendidikan, ini sudah berdasarkan undang-undang,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok, Sutarno menambahkan, bahwa ada empat isu strategis yang harus segera dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Depok.

Antara lain, keterjangkauan aksesibilitas layanan pendidikan, peningkatan kualitas dan mutu pendidikan, relevansi pendidikan dan penyelenggaraan tata kelola pendidikan yang akuntabel.

“Bahwa ada dua arah kebijakan Dinas Pendidikan pada tahun anggaran 2024. Pertama meningkatkan aksesibilitas, kuantitas, dan kualitas pendidikan serta menanamkan nilai-nilai budaya kearifan lokal Kota Depok,” tandasnya.

Kedua, sambungnya, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan dan penunjangnya dengan pendekatan prioritas wilayah secara proposal untuk mencapai mutu pendidikan sesuai delapan standar nasional pendidikan.

“Jadi kami berharap, semoga program Disdik Kota Depok ini kedepannya akan semakin maju, berbudaya dan sejahtera, sesuai tema forum rencana kerja kami hari ini,” pungkasnya.

kang prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *