Kelurahan Ratu Jaya Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Hias

Berita229 Dilihat

Cipayung,depokprabunews.com Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung menggelar pelatihan budidaya tanaman hias (BHT) bagi warganya di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Dinas Pertanian Kota Depok yang berada di Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung Kota Depok. Acara selama dua hari ini dibuka langsung Lurah Ratu Jaya Bambang Sugiharto.

Diikuti peserta dari KWT (Kelompok Wanita Tani), Karang Taruna, dan kader PKK, nampak hadir para Ketua RT dan RW. menghadirkan narasumber dari KTNA Yefi Anom dan Kasi pertanian, Hary Adam.

Tanaman hias adalah segala tumbuhan yang memberikan nilai keindahan, adapun yang dimaksud dengan tanaman adalah tumbuhan yang telah dibudidayakan. Perbanyakan tanaman hias dapat berasal dari biji maupun dari bagian tumbuhan itu sendiri (stek batang, pucuk).
“Alhamdulillah Kelurahan Ratu Jaya memberikan pelatihan, bertujuan untuk memberikan keterampilan cara berbudidaya tanaman hias yang benar dan bisa menghasilkan ekonomi masyarakat,” ucap Lurah Ratu Jaya Bambang Sugiharto.

Menurut Bambang, manfaat dari membudidayakan tanaman hias diantaranya adalah peluang usaha, mengembangkan jenis tanaman, pelestarian keanekaragaman hayati, sumber keindahan, penghijauan, menggemburkan tanah/mengatasi erosi, menjaga lingkungan, sebagai obat/kesehatan.
“Iya tentunya ini akan tercipta lingkungan yang asri, bersih, indah dan sehat, sekaligus menambah penghasilan keluarga,” tuturnya.

Pelatihan Tanaman Hias ini juga dapat meningkatkan keahlian para pecinta tanaman. Peningkatan keahlian ini tentunya akan memiliki relevansi terhadap teknis pengelolaan tanaman yang lebih baik serta menghasilkan komoditas yang berkualitas.

Kegiatan diikuti sebanyak 25 peserta berlangsung 10 sampai 11 November 2022, secara resmi ditutup Lurah Ratujaya, Bambang Sugiharto.

Bambang mengatakan, pelatihan budidaya tanaman hias sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat (KPM) ini sepenuhnya didanai APBD Kota Depok  bertujuan untuk memberikan keterampilan cara berbudidaya tanaman hias yang benar dan bisa menghasilkan.

Lanjutnya, kegiatan ini sekaligus diharapkan untuk warga di setiap rumah menanam berbagai jenis tanaman hias, sehingga nantinya akan tercipta Ratujaya yang asri, bersih, indah, sejuk dan sehat.
“Selain itu dari kegiatan budidaya tanaman hias, tidak menutup kemungkinan bisa membantu perekonomian keluarga, sehingga Depok akan semakin Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” jelas Bambang.

Sementara itu Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasi Ekbang) Kelurahan Ratujaya, Eko Hidayat mengungkapkan, kegiatan pelatihan budidaya tanaman hias ini agar warga mempunyai keterampilan dan nantinya dengan budidaya tanaman hias bisa menambah penghasilan keluarga.

“Pelatihan budidaya tanaman hias untuk menambah penghasilan keluarga,” kata Eko.

Kegiatan selama dua hari ini, menurut Eko, diikut sebanyak 25 peserta terdiri dari KWT (Kelompok Wanita Tani), Karang Taruna, dan kader PKK.
“Untuk yang mengikuti pelatihan ini, akan memperoleh bibit tanaman anggrek,”

Eko berharap warga di setiap rumah menanam berbagai jenis tanaman hias, sehingga nantinya akan tercipta Ratujaya yang asri, bersih, indah, sejuk dan sehat

 

(kang prabu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *