Sumpah Pemuda Wujudkan Kesungguhan Meneladani Akhlaq Nabi Muhammad

Berita185 Dilihat

Depok prabu news.com Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 M dihadiri Walikota Depok KH. Muhammad Idris, Wakil Walikota Depok H. Imam Budi Hartono bersama Sekretaris Daerah (Sekda) H. Supian Suri. Menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus dalam rangka bersilahturahmi, peringati Hari Santri Nasional dan Sumpah Pemuda dengan keluarga besar Relawan Idris di hadiri pula para OPD, Camat dan Lurah, tokoh Agama dan tokoh masyarakat.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Tausyiah disampaikan langsung Walikota Depok. Hari Santri Nasional (HSN) dan Sumpah Pemuda tahun 2022, dengan tema Silaturrahmi Bersungguh meneladani Akhlaq Nabi Muhammad SAW dan Bersungguh Mencintai NKRI, di kediaman Sekda H. Supian Suri jalan Kalimulya, Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong Kota Depok, Jumat malam (28/10/2022).  Mengawali kata sambutannya, Sekda  mengucapkan terima kasih kepada para OPD, Camat, Lurah dan Relawan Idris, serta para tokoh Agama dan tokoh masyarakat yang telah hadir atas kesempatannya bersilaturahmi dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hari ini kita memperingati hari santri, hari Sumpah Pemuda, apalagi perjuangan pak kiyai bersama para ulama dan santri terdahulu ini harus kita jaga, terutama NKRI itu harus ada di dada. Kita semuanya melalui pesantren-pesantren dan umat beragama semuanya kita sosialisasikan bahwa NKRI itu harga mati,” ujar Supian Suri, Jumat (28/10/2022) di kediamannya.

Menurutnya, dengan memperingati Maulid atau hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW dapat dijadikan momen untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sekaligus bentuk rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Harapannya melalui kegiatan ini semoga dapat menambah rasa keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT, selain itu juga dengan kegiatan ini akan mempererat ukuwah islamiyah dan kekeluargaan di antara sesama kita,” ucapnya.

Ditempat yang sama Ketua panitia Usd. Haerullah mengatakan, sengaja tidak mengundang masyarakat, ini hanya para relawan Idris dan beberapa OPD, Camat dan Lurah serta tokoh Agama dan tokoh masyarakat setempat.

“Kami terima kasih banyak kepada bapak Walikota Depok KH. Muhammad Idris bpk Wakil Walikota Imam Budi Hartono, yang telah bersedia menyempatkan waktunya untuk datang kesini. Karena menurut kami ini merupkan kebanggaan tersendiri. Semoga dengan hadirnya bapak ini bisa mendapatkan motivasi yang bermanfaat,” tuturnya.

Haerullah menjelaskan, santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.
“Dulu ketika Indonesia masih dijajah para santri dengan keberanianya turun ke Medan laga berperang melawan penjajah,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono menerangkan, dalam berbagai kesempatan dia selalu memberikan dukungan kepada pendidikan keagamaan ditengah hari ini menghadapi kondisi media sosial yang tidak bisa dibatasi.

“Generasi sekarang itu berbeda sekali dengan generasi saya waktu menuntut ilmu. Dulu Hp pun saya tidak punya. Tetapi sekarang ini, semua informasi apa yang terjadi di belahan dunia, saat ini juga bisa kita ketahui, mau itu bersifat positif ataupun negatif,” terangnya

Imam berpesan kepada seluruh masyarakat agar berpegang erat menghadapi permasalahan global yang mengancam seluruh Negara termasuk Indonesia.

Oleh karena itulah, dia ungkapkan, kondisi itu merupakan peran semua pihak untuk saling mengingatkan kepada setiap anak-anaknya. Karena tidak ada kata lain hal perkembangan teknologi itu tidak bisa ditolak.

“Kehadiran perkembangan teknologi itu hanya bisa bagaimana kita arahakan, sehingga anak kita ini bisa memanfaatkan itu dengan baik dan positif. Pendidikan Agama inilah salah satu yang menjadi ukuran untuk kita bisa menyelamat generasi ini,” ungkapnya.

Di akhir penyampaian, Imam berharap masyarakat bisa sungguh-sungguh dalam mewujudkan cita-citanya. Walaupun teknologi saat ini semakin berkembang.

“Saya berharap, disisa waktu yang ada ini seriuslah belajar, tuntut ilmu dengan baik mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita kalian itu dijabah oleh Allah.” harapnya.

Walikota Depok KH. Muhammad Idris dalam ceramahnya mengatakan, bahwa hidup dan kehidupan seseorang di dunia ini sangat ditentukan oleh akhlaknya. Dunia ini akan hancur kalau akhlak manusia buruk. Untuk itu kita harus mencontoh akhlak Rasulullah Saw. sebagai uswatun hasanah bagi umat Islam.
Dalam mauidhoh khasanahnya.
Idris menjelaskan, tentang makna keberkahan yaitu terus bertambahnya kebaikan dari Allah Swt.

Pak Kyai mengimbau untuk tekun menuntut ilmu, berakhlakul kharimah, mencintai dan meneladani sunah-sunah Rasulullah Saw serta memperbanyak membaca sholawat sebagai salah satu bukti kecintaan kita pada Rasulullah Saw.

Semoga kita semua bisa mencintai dan dicintai Rasulullah Saw, bisa meneladani akhlak dan sunah-sunahnya, serta memperoleh syafaatnya di yaumil akhir. Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin.

Dalam momen ini juga dirinya menyampaikan, seorang guru harus memberikan tauladan yang baik sesuai dengan yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.
“Berharap dengan adanya Maulid ini kita lebih mengenal sosok Nabi kita. Kita lebih tahu lagi prilaku Nabi kita, sehingga ini menjadi tauladan dan kita berikan tauladan kepada masyarakat kita,” ucapnya           (kang prabu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *